Jumat, 05 Agustus 2022

Daya Tarik Foto Cantik

 Daya Tarik Foto Cantik


       Dalam dunia bisnis, promosi merupakan salah satu cara agar produk yang dipasarkan laris manis. Foto produk merupakan salah satu pintu gerbang untuk menarik pelanggan sehingga tertarik membeli. Foto yang cantik akan memiliki daya tarik tersendiri, sehingga orang yang melihatnya menjadi jatuh cinta.

      Apabila seseorang sudah tertarik pada produk yang dilihatnya, dia akan cenderung bertanya lebih jauh mengenai produk knowledge dan akhirnya akan melakukan pembelian.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan foto produk yang cantik dan menarik, yaitu :

  1. Penentuan tema

Foto bertema natural, klasik, pantai atau yang lainnya.

Contoh: foto produk skincare. Berikan sensasi bersih dan sehat pada foto tersebut dengan menambahkan cermin, kuas, meja kecil, lampu rias, atau kotak kecantikan. Kancing, bunga dan kain biasanya menjadi ciri khas bertema produk pakaian.

  1. Pencahayaan

  Foto yang bagus dihasilkan dengan pencahayaan yang cukup. Sinar matahari merupakan pencahayaan yang baik untuk pemotretan produk.

 Pagi hari adalah waktu pencahayaan yang paling utama. Usahakan ruangan yang digunakan bisa mendapat cahaya matahari secara langsung.

   Pengambilan foto tidak harus di luar ruangan. Foto produk dapat dilakukan di dalam ruangan. Jika ruangan tidak mendapatkan cahaya matahari, maka dapat dibantu dengan penambahan cahaya lampu.

  Pengambilan foto produk, dapat dilakukan dengan mengambil angle yang tepat. Yakni dengan tidak membelakangi cahaya. Beri titik fokus saat pengambilan foto dan jangan ada gerakan saat mengambil foto.

  1. Properti Pendukung 

Properti Pendukung merupakan salah satu komponen penting agar foto produk terlihat bagus. Properti Pendukung harus menyesuaikan tema yang telah direncanakan.

Contoh: produk skincare dengan tema pantai. Maka properti yang bisa digunakan salah satunya dedaunan ala pantai (daun kelapa) dan pasir atau hewan laut. Perlu diingat, untuk properti pendukung bisa dimulai dengan benda yang ada di rumah.

  Tiga hal tersebut saling berkesinambungan. Dengan adanya tema, foto seolah memiliki aura tersendiri. Sedangkan pencahayaan yang cukup, menghasilkan foto tampak terang. Properti pendukung mengimbangi foto produk supaya terlihat simetris dan tidak kosong.

     Latar belakang atau dasar foto yang cantik dan bersih juga berpengaruh pada hasil foto. Maka dari itu, gunakan latar belakang yang bersih dan terang. Gunakan kain yang tidak terpakai atau karton berwarna putih atau warna mencolok sebagai dasar foto.

Posisi dan Sudut

     Selain itu, kita perlu memperhatikan posisi dan sudut pandang saat mengambil gambar. Posisi ini dapat mempengaruhi hasil gambar yang bervariasi. Letak kamera tinggi dengan sudut rendah, atau sudut pandang mata sejajar dengan kamera, ataupun dengan jongkok. Sebelum menentukan posisi dan sudut pengambilan gambar, amati secara keseluruhan produk yang akan difoto. Kemudian tentukan titik fokusnya dan ambil gambar dari berbagai sudut.

        Foto makanan identik diambil dari sudut depan. Karena sudut depan memberikan kesan tegas dan jelas pada hasil foto tersebut. Untuk produk skincare, pengambilan gambar dilakukan dari sudut atas atau dari berbagai sudut untuk hasil yang variatif. Begitupun produk busana, pengambilan foto tidak hanya dari sisi depan saja.

Pengaturan Kamera

   Pastikan pengaturan kamera sebelum memotret produk. Pengaturan ini mempengaruhi hasil foto suatu produk. Perhatikan pengaturan kamera seperti kontras, resolusi gambar, titik fokus dan batas gambar. Jangan gunakan zoom saat memotret. Foto hasil dari zoom biasanya pecah dan terkadang foto terlihat kasar.

        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Antologi; Emak Melek Digital

  Buku antologi "Emak Melek Digital" Bagi wanita, cerdas pada era digital ini adalah penting dan ini tidak hanya berlaku pada wani...